SMK N 1 Kubutambahan

PROFIL SMK NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

SMK Negeri 1 Kubutambahan didirikan pada tahun pelajaran 2010-2011 , tepatnya melalui SK Bupati Buleleng No 420/377/HK/2010  tanggal 1 Juni 2010. Pada awal berdirinya, sekolah ini hanya membuka satu kompetensi keahlian yaitu keperawatan. Pada tahun pertamanya saja, sekolah yang merupakan satu-satunya SMK Negeri kelompok kesehatan di Bali ini memperoleh siswa sebanyak 225 orang yang terbagi ke dalam 6 rombongan belajar.
Selama kurang lebih satu semester, SMK Negeri 1 Kubutambahan dipimpin oleh seorang Plt. Kepala sekolah yaitu Drs. I Made Darwis Wibawa yang sehari-harinya bertugas sebagai kepala sekolah di SMK Negeri 2 Singaraja. Dalam menjalankan roda organisasinya, bapak 3 anak ini dibantu oleh 3 orang wakil kepala sekolah yaitu Gede Sukanaya, S.Pd,M.Pd (Waka kurikulum), I Nyoman Sayun, S.Pd ( Waka kesiswaan), dan Dra. Ni Luh Warmeni (Waka Sapras).
Untuk proses belajar mengajar, oleh karena pembangunan gedung masih dalam proses pengerjaan, untuk sementara meminjam tempat belajar di SD No 4 dan 5 Kubutambahan dan waktu belajar dilaksanakan sore hari.
Sampai saat ini, sekolah yang berlokasi sangat strategis ini karena terletak di jantung kota kecamatan kubutambahan, tepatnya di sebelah timur lapangan besi mejajar kubutambahan, memiliki lokasi seluas kurang lebih 2 hektar. Proyek yang sudah selesai digarap adalah proyek ruang kelas baru (RKB) sebanyak 4 ruang yang penyelesaiannya pada akhir Januari 2011. Menurut rencana, pada tahun 2011 ini akan memperoleh proyek yang sama yaitu RKB sebanyak 6 ruang, dan begitu seterusnya secara berkelanjutan pembangunan gedung SMK Negeri 1 Kubutambahan ini dilaksanakan sampai tuntas sesuai dengan site plan yang dibuat oleh konsultan sekolah.
Tepatnya tanggal 20 Januari 2011,  sesuai dengan SK Bupati Buleleng No 821.2/433/BKD tentang mutasi/ pengangkatan kepala sekolah dan pengawas sekolah di lingkungan pemerintah kabupaten Buleleng, Gede Sukanaya, S.Pd,M.Pd diangkat dan menjadi kepala sekolah di SMK Negeri 1 Kubutambahan secara difinitif. Seorang kepala sekolah yang tergolong sangat muda kelahiran Gobleg, 27 Pebruari 1973 mulai mengemban tanggung jawab mulia untuk membawa sekolah ini ke arah yang lebih maju seperti yang dicita-citakan. Pria bersahaja ini menyelesaikan S1 jurusan Bahasa Inggris di STKIP Negeri Singaraja pada tahun 1997, dan pendidikan S2 pada jurusan Pendidikan Bahasa di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada tahun 2010.
Sebelum menjadi kepala sekolah, bapak dua anak ini beberapa kali menjabat sebagai wakil kepada sekolah di SMK Negeri 1 Sukasada yaitu wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana dan kurikulum. Selain ini bapak yang pernah menjadi juara I lomba karya tulis ilmiah guru SMA/SMK se kabupaten Buleleng tahun 2005 ini, juga pernah menjadi dosen luar biasa pada beberapa universitas/ sekolah tinggi yaitu Universitas Panji Sakti, Mapindo, Universitas Terbuka, LP3I Saraswati, dan  STKIP Agama Hindu. Selain itu sempat menjadi direktur LP3I Saraswati Singaraja dan per tanggal 1 Mei 2010 diangkat menjadi koordinator kampus kecamatan Buleleng yang berlokasi di Hotel Melka Lovina oleh rektor Universitas Mahendradatta.
Dalam menjalankan organisasinya, bapak yang pernah menjadi ketua English Testing Center (ETC) kabupaten Buleleng ini, dibantu oleh 4 orang wakil kepala sekolah yaitu Nyoman Agus Darmawan Bukian, S.Pd (Waka Kurikulum), I Nyoman Sayun, S.Pd (Waka Kesiswaan), Dra. Ni Luh Warmeni (Waka Sapras), dan I Wayan Buana, S.Pd ( Waka HIM). Mengawali kepemimpinannya, Sukanaya memprioritaskan pada program MPMBS diantaranya : (1) meningkatkan efektifitas KBM, (2) meningkatkan input siswa minimal 20% pada tahun pelajaran 2011/2012, (3) meningkatkan mutu SDM sekolah, (4) meningkatkan kedisiplinan siswa, (5) meningkatkan prestasi siswa, dan (6) menigkatkan sarana dan prasarana sekolah secara berkesinambungan.
Khusus untuk meningkatkan input siswa pada tahun pelajaran 2011/2012, dibentuklah Tim Promosi sekolah yang solid. Berdasarakan pemetaan kantong-kantong sumber siswa dari sekolah-sekolah yang ada, ada 14 sekolah yang menjadi target promosi sekolah. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di sedikitnya 4 kecamatan yaitu Kubutambahan, Sawan, Tejakula, dan Buleleng. Promosi ini dilaksanakan dengan datang langsung ke sekolah ( presentasi di depan anak-anak), melalui media cetak (TPI) dan elektronik (radio Guntur dan Swara Teknika), serta dengan pemasangan pamplet dan baliho di beberapa tempat strategis. Dari apa yang sudah dilakukan TIM Promosi, kami yakin akan memperoleh siswa yang lebih banyak dari tahun kemarin ungkap Nyoman Agus Darmawan Bukian selaku ketua tim promosi. Ditambahkan oleh Wayan Buana selaku waka HIM, ke depan kita akan coba melaksanakan seleksi melalui pembobotan, dan untuk masuk di SMK Negeri 1 Kubutambahan diperlukan tidak hanya mampu secara akademis, tetapi juga harus memiliki fisik yang baik dalam arti performance, karena sekolah ini nantinya akan lebih banyak memberikan jasa pelayanan yaitu kesehatan.
Untuk tahun pelajaran 2011-2012, SMK Negeri 1 Kubutambahan akan membuka 2 kompetensi keahlian. Kedua kompetensi tersebut adalah Keperawatan dan Farmasi. Kompetensi keahlian keperawatan masih menjadi kompetensi keahlian yang paling diminati, terbukti pada tahun pertama saja memperoleh siswa sebanyak 6 kelas/ rombel ( 225 siswa). Namun seiring dengan perkembangan sekolah ke depan, perlu ada pembukaan kompetensi keahlian baru yang nantinya bisa melengkapi kompetensi keahlian yang sudah ada. Dibukanya kompetensi keahlian Farmasi disamping karena analisis SWOT yang sudah dilakukan berkaitan dengan kesiapan sekolah, disana juga untuk menjawab tantangan penyaiapan SDM dalam kompetensi farmasi yang sangat diminati di dunia kerja.
Dari kanan-kiri : Gede Sukanaya,S.Pd,M.Pd (Kepala Sekolah), Nyoman Agus Darmawan Bukian, S.Pd ( Waka Kurikulum), Wayan Buana, S.Pd (Waka HIM), Dra. Ni Luh Warmeni (Waka Sapras), dan I Nyoman Sayun, S.Pd (Waka Kesiswaan).

Staf Pengajar dan pegawai SMK Negeri 1 Kubutambahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYUSUN KESEPAKATAN KELAS - BUDAYA POSITIF SEKOLAH

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID (I GUSTI BAGUS SUYADNYA)

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN