KONEKSI ANTAR MATERI (PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA)

 


Sebelum mempelajari modul 1.1, saya percaya dengan kemampuan siswa saya di SMA Negeri 1 Tejakula untuk mengikuti pembelajaran yang saya berikan dengan baik dan sesuai dengan intruksi yang saya minta. Contohnya membuat tugas, mengikuti pembelajaran baik secara daring maupun luring. Walaupun dengan serba keterbatasan kemampuan siswa kami.

Mengikuti Pembelajaran dalam Program Guru Penggerak dengna tema “Pemikirian Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan”, adalah pengalaman yang sangat luar biasa dan menginspirasi saya sebagai seorang pendidik. Setelah mempelajari dan memaknai pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD), saya mendapatkan beberapa hal positif yang tumbuh di dalam diri saya, seperti:

· Berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

·  Berusaha untuk menghamba kepada siswa, yaitu menuntun potensi yang dimiliki oleh masing –masing siswa sehingga kelak bisa menjadi penerus bangsa yang membanggakan Negara.

·  Berusaha untuk melaksanakan pembelajaran berdiferensial, dengan tetap sesuai dengan social budaya, lingkungan dan jamannya. (Saat ini penggunaan IT dalam Pembelajaran)

·  Berusaha semaksimal mungkin mengajarkan pembelajaran yang dapat meningkatkan budi pekerti /akhlak mulia siswa.

 Pelajaran yang saya dapatkan juga adalah variasi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang berpusat pada siswa (menuntun potensi siswa, pembelajaran yang berdiferensial, dan pembelajaran yang selalu mengedapankan budi pekerti siswa). Saya merasa kurang di hal itu, karena selama ini dalam pembelajaran saya masing sangat jarang memberikan tugas yang sifatnya boleh memilih pengerjaannya sesuai dengan minat dan potensi siswa.

Untuk penerapannya nanti dalam pembelajaran, saya akan berusaha memasukkan semua unsure pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran, seperti pembelajaran yang menyenangkan, berpusat pada siswa, berbudi pekerti dan menyesuaikan dengan kodrat alam dan jaman (pembelajaran yang menerapkan IPTEK terkini).

Dalam pembelajaran nanti di kelas saya akan memasukkan games edukatif, observasi lingkungan sekitar, menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman saat ini, seperti : LMS Google Classroom, Quizizz/Kahoot, Padlet, Jamboard, dll. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, inovatif, kreatif dan sesuai dengan jamannya.


 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYUSUN KESEPAKATAN KELAS - BUDAYA POSITIF SEKOLAH

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID (I GUSTI BAGUS SUYADNYA)

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN