AKSI NYATA MODUL 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK



Menggerakkan Komunitas dan Kolaborasi Guru
Dalam Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun 2020/2021 
Untuk Memberikan Pelayanan Optimal Kepada  Siswa

Oleh
I Gusti Bagus Suyadnya, S.Pd
Calon Guru Penggerak Kabupaten Buleleng




Latar Belakang

Peningkatan kompetensi seorang guru harus dilakukan oleh setiap guru dengan belajar sepanjang hayat. Pengembangan kompetensi dapat dilakukan secara mandiri ataupun secara berkolaborasi dengan rekan-rekan guru di sekolah. Melalui kegiatan berbagi yang dilakukan dengan rekan guru di sekolah maka kita akan dapat saling berbagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang inovatif sehingga dapat membuat siswa nyaman dan senang belajar. Apalagi kita ketahui bersama sekarang kita sedang menghadapi pandemi yang berkepanjangan, dimana siswa tidak dapat berinteraksi secara langsung ke sekolah namun mereka harus belajar dari rumah. Tentunya hal ini akan meningkatkan resiko kebosanan dalam diri siswa, maka sangat dirasa perlu kemampuan seorang guru di dalam melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran yang dilakukannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi yang dapat mendukung proses evaluasi pembelajaran.

Banyak teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang pembelajarannya. Pada kesempatan ini kita akan berfokus pada berkolaborasi memanfaatkan teknologi yang berupa aplikasi google form yang bisa digunakan untuk melaksanakan evaluasi, kebetulan di SMA Negeri 1 Tejakula minggu kedua dan ketiga bulan mei sedang melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut, maka stakeholder membentuk team atau panitia pelaksana PAT dengan menunjuk penulis sebagai ketua Pelaksana PAT. Penulis menggerakkan komunitas dalam hal ini guru yang tergabung dalam Tim PJJ Smansaka dan melakukan kolaborasi.


Tujuan

Adapun tujuan dari rancangan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.
  1. Agar rekan guru memahami pentingnya mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki.
  2. Agar rekan guru mampu menguasai dan mengaplikasikan media teknologi untuk mendukung evaluasi pembelajaran yang mudah dan nyaman digunakan siswa dan guru.
  3. Agar rekan guru memahami pentingnya bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyukseskan pelaksanaan PAT.
  4. Mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center oriented).
  5. Siswa mampu mengerjakan evaluasi PAT dengan nyaman dan lancar.

Deskripsi Aksi Nyata

Kegiatan aksi nyata ini penulis awali dengan berkoordinasi kepada kepala sekolah dan wakil kepala sekolah terkait persiapan PAT yang akan dikoordinir oleh tim PAT SMAN 1 Tejakula. Diman Penulis ditunjuk sebagai ketua panitia PAT sekaligus koordinator tim PJJ yang berjumlah 9 guru. Penulis memiliki 3 tugas tambahan selain menyukseskan pelaksanaan PAT yaitu menggerakkan komunitas guru/tim PJJ, menjadi coach bagi rekan guru dan meningkatkan kolaborasi antar guru di sekolah. 
      
Keesokan harinya penulis melakukan rapat koordinasi dengan panitia PAT. Penulis memberikan motivasi kepada rekan-rekan panitia agar bergerak dan semangat menyukseskan kegitan PAT. Penulis memberikan opsi-opsi aplikasi yang bisa digunakan untuk PAT. Dan diputuskan oleh tim / panitia, aplikasi yang digunakan untuk pelaksanaan PAT adalah aplikasi google form. Karena mudah digunakan, analisis lengkap dan siswa sudah terbiasa menggunakan google form.

Setelah itu penulis dan tim berkolaborasi membuat format PAT di google form dengan mempertimbangkan penggunakan akun belajar.id, kode akses dan teknis tahapan PAT nya. 
Walaupun penulis mampu membuat format sesuai idenya, tapi penulis mencoba menahan diri dan memberikan kesempatan kepada semua tim untuk bergerak dan ikut andil dalam pembuatan form tersebut, ini bertujuan agar semua rekan komunitas di Panitia PAT merasa dihargai dan semakin semangat dalam berkolaborasi. selanjutnya format itu di share di group WA sekolah. Panitia juga membantu rekan-rekan guru yang belum  begitu fasih menggunakan google form dengan melakukan pendampingan. sehingga rekan-rekan guru yang lain juga dapat belajar menggunakan aplikasi form dan hasilnya sesuai harapan penulis.

Setelah soal semua mapel di google form selesai diinpuit, pantia mengirimkan link PAT sesuai dengan jadwal PAT di group WA Kelas siswa maupun di Classroom. Siswa semangat mengikuti kegiatan PAT, dan kegiatan PAT berjalan dengan baik dan lancar.

Hasil Aksi Nyata

Adapun hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.
  1. Guru memahami pentingnya mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki sehingga bisa menghadirkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menyenangkan bagi siswa. Melalui kegiatan aksi nyata ini guru-guru di sekolah tempat penulis bertugas mendapatkan ilmu tambahan terkait bagaimana cara membuat soal di google form dengan baik dan benar.
  2. Guru yang tergabung dalam panitia PAT/Tim PJJ SMA Negeri 1 Tejakula mendapatkan ilmu dan pengalaman baru terkait memenajemen kegiatan PAT.
  3. Guru dapat berkolaborasi dengan rekan sejawatnya di dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya. Bentuk kolaborasi dapat dilakukan melalui kegiatan saling berbagi dengan rekan-rekannya terkait praktik baik pembelajaran yang telah dilakukan dalam penyusunan dan penginputan naskah soal di google form.
  4. Siswa menikmati proses evaluasi pembelajaran yang mereka ikuti, tidak bosan, menyenangkan, dan tentunya bermakna bagi mereka.

Refleksi Aksi Nyata

Pelaksanaan aksi nyata ini dapat meningkatkan kesadaran guru-guru dalam rangka mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensinya. Tim PJJ  yang bertugas sebagai panitia PAT sangat antusias berkolaborasi mempelajari dan menggunakan aplikasi google form dalam PAT. Tim juga sangat semangat menyukseskan pelaksanaan PAT dengan penuh tanggung jawab. Ini bertujuan juga agar siswa nyaman dan sukses mengikuti pelaksanaan PAT dirumah masing-masing dengan hp/komputernya masing-masing.

Adapun kendala yang dialami selama pelaksanaan aksi nyata yaitu masih adanya beberapa orang guru yang belum bisa menerapkan aplikasi google form.  Selain itu signal yang tidak stabil dan lemah sangat sering dialami oleh siswa saat mengikuti PAT dirumahnya masing-masing.



Berikut pernyataan kepala sekolah dan siswa setelah mengikuti PAT. 

Kepala SMAN 1 Tejakula - Terimakasih kepada Panitia/Tim PJJ sudah sangat berkontribusi maksimal pada pelaksanaan PAT daring tahun ini.

Agus Suryada - Kelas X MIPA 3 - Menjawab soal dengan google form sangat mudah dan keren. Hasilnya bisa langsung dikirimkan oleh gurunya.



Dokumentasi :


Foto 1. Tim PJJ SMA Negeri 1 Tejakula






Foto 2. Siswa yang tidak memiliki Hp, mengerjakan PAT di sekolah




Foto 3. Pendampingan/ Coach kepada rekan sejawat dalam penyusunan soal













Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYUSUN KESEPAKATAN KELAS - BUDAYA POSITIF SEKOLAH

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID (I GUSTI BAGUS SUYADNYA)

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN